Rabu, 21 Oktober 2009

KEANEKARAGAMAN HAYATI

a. Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

Susunan genetik satu jenis diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya. Untuk melihat keanekaragaman hayati tingkat gen, amati ciri-ciri yang ada pada tumbuhan dan hewan Contoh : Vareitas padi, varietas jagung dll


b. Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis

Makhluk hidup satu jenis (spesies) ditunjukkan dengan ciri-ciri yang sama dapat melakukan perkawinan yang menghasilkan keturunan fertile (subur).

Keanekaragaman hayati tingkat jenis dapat ditunjukkan adanya variasi jenis-jenis makhluk hidup yang terdapat dalam satu famili. Contoh : kelapa, aren dan pinang. Untuk hewan anjing, kucing, singa dan harimau.

c. Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem

Semua makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungan baik biotik (berupa makhluk hidup) maupun abiotik (berupa makhluk tak hidup atu faktor fisik). Baik faktor biotik maupun abiotik bervariasi, oleh karena itu ekosistem yang merupakan kesatuan faktor biotik maupun abiotik menjadi bervariasi pula.

Contoh : Ekosistem air tawar, ekosistem air laut, ekosistem pantai, ekosistem darat yang bervariasi (ekosistem hutan basah, ekosistem padang rumput, ekosistem gurun), ekosistem rawa dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar